Jesus

Jesus

Senin, 01 November 2010

managerial,estimsai permintaan.

UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA)
FAKULTAS EKONOMI







TUGAS BAB 6
ESTIMASI PERMINTAAN
ILMU EKONOMI MANAJERIAL








NAMA : Alfiando Hutagalung
NIM : 2008-31-016
BAB 6 ESTIMASI PERMINTAAN

1. Uraikanlah pendekatan penelitian pasar terhadap estimasi permintaan?
Estimasi permintaan dapat dilakukan melalui analisis regresi atau melalui penelitian pemasaran. Tiga macam penelitian pemasaran yang sangat penting adalah survey konsumen, klinik konsumen, dan eksperimen-eksperimen pasar.
Penelitian pasar :
a. Semakin mahal dan sulit teknik untuk mengestimasi permintaan dan elastisitas permintaan adalah penelitian kontrol pasar atau eksperimen.
b. Memasukkan produk ke dalam beberapa toko, umumnya di wilayah-wilayah yang memiliki karakteristik yang berbeda selama beberapa waktu.
c. Dalam waktu singkat, mengubah harga, dan membiarkan faktor yang lain tetap
Permasalahan dalam pelaksanaan penelitian pasar :
a. Mahal
b. Ketersediaan subyek penelitian
c. Adakah hubungannya dengan permasalahan yang diteliti dan apakah penelitian dilakukan secara serius
2. Uraikanlah survey konsumen?
Pertanyaan terhadap para konsumen contoh (sample) mengenai bagaimana mereka akan menanggapi perubahan-perubahan tertentu dalam harga dan peubah-peubah penentu lainnya dari permintaan akan barang.
3. Uraikanlah klinik konsumen?
Percobaan-percobaan laboratorium dalam percobaan-percobaan itu para peserta diberi sejumlah uang dan diminta untuk membelanjakannya dalam suatu toko yang telah disimulasikan untuk mengamati bagaimana mereka memberikan reaksi pada perubahan-perubahan dalam harga dan peubah-peubah penentu permintaan lainnya.
4. Uraikanlah eksperimen pasar?
Usaha untuk mengestimasi permintaan barang dengan cara mengubah harga dan peubah-peubah penentu permintaan barang itu dalam pasar sesungguhnya.
5. Rincilah model?
Langkah menentukan spesifikasi model adalah mencakup penentuan peubah-peubah yang akan dimasukkan dalam persamaan permintaan. Langkah ini ditentukan melalui teori permintaan dan pengetahuan pasar untuk suatu barang. Spesifikasi model ada tiga jenis, yaitu variable proxy, variable dummy, hubungan linier & non linier.
6. Uraikanlah cara mengumpulkan data atas peubah-peubah?
Ambil data awal dan akhir tahun dari data masa lalu dan menghitung tingkat pertumbuhan tetap yang biasa digunakan untuk menghitung estimasi akhir tahun.
7. Rincikanlah bentuk persamaan permintaan?


8. Uraikanlah cara menguji hasil-hasil ekonometri?
Teknik peramalan ekonometnik sering menggunakan hal-hal yang terbaik yang terdapat dalam teknik peramalan lain, seperti tren atau variasi musiman, teknik penghalusan dan indikator utarna. Metode peramalan ekonometrik dapat bervariasi antara model persamaan tunggal dari persamaan yang dihadapi perusahaan untuk produknya sampai model persamaan.
a. Semua teknik kuantitatif dibicarakan jadi lebih jauh dapat diklasifikasikan sebagai naif
b. Selanjutnya presentasi pendek dari model yang kausal atau explanatory
c. Dalam pembuatan model ekonometrik analisa regresi yang digunakan
d. Mereka adalah sistem equation ganda dengan variabel endogenus dan eksogenus
Contoh : C = a0 + a1Y
Y = C + I
dimana :
C = konsumsi
Y = pendapatan nasional
I = investasi
9. Uraikanah cara-cara mengidentifikasikan masalah dalam estimasi permintaan?
Kesulitan menarik kurva permintaan untuk suatu barang dari titik-titik harga kuantitas yang diteliti yang diakibatkan dari perpotongan yang berbeda-beda dan tidak dapat diamati antara kurva permintaan dengan kurva penawaran suatu barang.
10. Uraikanlah variasi musiman dalam estimasi permintaan?
Gerakan teratur atas jangka waktu tertentu atau musiman dalam setahun yang tercermin dalam data deret berkala. Mencerminkan bahwa kuantitas yang diminta dan penjualan barang itu tidak meningkat seragam selama satu tahun tetapi mengikuti pola musiman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar